Home » » Contoh Laporan PKL Administrasi perkantoran

Contoh Laporan PKL Administrasi perkantoran



Ini adalah contoh laporan PKL Admiistrasi Perkatoran, anda bisa membacanya, atau langsung DOWNLOAD File Word nya di SINI 



LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PADA
YAYASAN PANGLAYUNGAN
JAKARTA TIMUR

Smk Eka Prasetya

Diajukan untuk memenuhi salahsatu syarat mengikuti ujian akhir
Dan sebagi laporan praktik kerja lapangan (PKL)
Tahun Pelajaran 2016/2017


Disusun Oleh :
Nama                                                                         : Junaidi Anjar Pradja
Nomor induk siswa (nis)                                             : 1151617622
Program keahlian                                                        : Andministrasi Perkantoran

YAYASAN PENDIDIKAN EKA PRASETYA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK “EKA PRASETYA”
Bidang keahlian: (Administrasi Perkantoran)
TERAKREDITASI “A”
Jalan Raya Siliwangi Km.30. (0266) 731132, Cicurug, Sukabumi, 43359
Email :smkekaprasetya@yahoo.co.id


















LEMBAR PENGESAHAN

Telah diperiksa dan disahkan pada :
Tanggal           :…………………….
Di
Cicurug


Pembimbing I                                                                             Pembimbing II


        IMAM SADARI                                                                          ASEP YUSUF

Mengetahui


       Pimpinan Yayasan                                                                               Kepala
    PANGLAYUNGAN”                                                                 SMK Eka Prasetya


      YOUN WAHYUNI                                                              Drs.Herinto Wibowo m.si
                 NIP.Y.T.:119066001










MOTTO

BELAJAR ADALAH MENCARI ILMU
YANG TIDAK AKAN BERHENTI
SEPANJANG HIDUP



































KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karuniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan dan sekaligus dapat menyusun Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin)  pada Kantor Yayasan Panglayungan.
Laporan ini disusun berdasarkan hasil Pelaksanaan Kegiatan Perakerin pada Yayasan Panglayungan 2017.

Laporan ini disusun dengan maksud untuk dijadikan pedoman, semoga kita dapat melaksanakan dan meningkatkan pengetahuan tentang administrasi perkantoran pada sebuah yayasan dan kita dapat mengetahui cara kinerja seorang sekertaris sehingga bisa menerapkan ilmu yang didapat apabila kelak bekerja sebagai sekertaris atau ADM dalam di suatu perusahaan.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pegawai dan staf di yayasan panglayungan yang telah membimbing serta memberikan sesuatu yang  belum kami pelajari di sekolah.

Pada akhirnya kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mohon agar para pembaca dan para guru sekalian dapat memberikan saran dan kritik supaya menjadi masukan dalam menyusun laporan ini,  atas saran dan kritik yang telah kami terima sehingga dapat membangun/memperbaiki laporan ini dikemudian hari,
Dengan mengucapkan Alhamdulillah kami susun laporan ini dan terima kasih.




…………………2017




Penulis









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL / SAMPUL
LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………………………  i
MOTTO …………………………………………………………………………………..   ii
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………  iii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………..   iv

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ……………………………………………………………………   1
B.     Tujuan Praktek Kerja  Industri ……………………………………………………  1
C.     Metode Pengumpulan Data ……………………………………………………….  1

BAB II PEMBAHASAN
A.      Waktu dan tempat Pelaksanaan ………………………………….……………….  2
B.      Gambaran Umum Yayasan Panglayungan ……………………………………….   2
C.      Perlengkapan dan Fasilitas yang digunakan………………………………………  2
D.      Skema Langkah-langkah Kerja …………………………………………………..   3
E.       Teori Pendukung ………………………………………………………………….  3

BAB III TEMUAN
A.    Paktor Pendukung dan Penghambat ………………………………………………  4
B.     Manfaat yang disarankan / hasil …………………………………………………..  4

BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan ……………………………………………………………………….   5
B.     Saran-saran ………………………………………………………………………..   5

BIODATA PENULIS
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA













BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

            Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah salah satu kegiatan pembelajaran siswa yang berlangsung di Dunia Keja. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan ilmu-ilmu yang ada disekolah melalui ilmu-ilmu tersebut diterapkan ditempat kerja/Prakerin yang telah ditentukan. Sehingga para siswa dapat menerapkan disiplin ilmu dan penerapannya dilapangan.
            Berdasarkan Keputusan Mendikbud Nomor : 0490 / U 1992 tentang SMK dan Keputusan Mendikbud Nomor : 08 / U /1993 tentang Kurukulum SMK antara lain Penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama Dunia Usaha atau Dunia Industri dan para Darmawan untuk memperoleh Sumber Daya Manusia yang siap dalam persaingan di Dunia Usaha dan Industri sehingga diharapkan siswa siap menerapkan ilmu yang didapat dari sekolah dan Prakerin dalam rangka pengembangan dunia pendidikan. 

B.      Tujuan Praktek Kerja  Industri

Tujuan yang diharapkan dapat tercapai dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
1.      Menghasilakan /mencetak seseorang yang siap dalam persaingan dunia usaha sehingga profesionalisme dan keterampilan serta etos kerja dituntut dalam hal ini.
2.      Memperkokoh “ Link And Match “ ( Keterkaitan dan Kesepadanan) antara ilmu yang diberikan disekolah dengan Dunia Usaha serta Dunia Industri yang akan mereka hadapi.
3.      Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang efisiensi dan Profesional dalam proses pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dalam dunia usaha.
4.      Meningkat kan Pengalaman dan Penghargaan terhadap Pengalaman Kerja sebagai bagian proses pendidikan.

C.    Metode Pengumpulan Data

Sebagai bahan Laporan Prakerin pada Kantor Camat Lais kami mengumpulkan data-data dengan cara :
1.      Bertanya kepada Instruktur yaitu Sekretaris yayasan beserta stafnya.
2.      Mengumpulkan arsip-arsip yang telah lalu, serta membaca panduan register surat-  surat yang telah dibuat.
3.      Serta membaca dan menganalisa tugas-tugas kakak tingkat yang telah lalu dari berbagai macam tempat Prakerin yang telah mereka jalani.
4.      Melihat dan memodifikasi contoh-contoh laporan Prakerin yang telah dibuat ebelumnya.
5.      Bertanya-tanya kepada kawan dan kakak tingkat serta guru-guru yang membidangi masalah Administrasi.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Waktu dan tempat Pelaksanaan

Proses Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan bertempat di yayasan panglayungan Ciracas Jl.Madrasah No.24, (Cibubur)  Jakarta Timur

B.     Gambaran Umum yayasan panglayungan

Yayasan Panglayungan didirikan semenjak tahun 1982 oleh H.M. Saleh Pradja dan (Alm) Hj. Musyaifah berpusat di Cibubur Jakarta Timur. Tahun 1993 Yayasan Panglayungan mengembangkan sayapnya ke wilayah Bogor dengan dipimpin oleh Hj. Tien Agustina, SE sebagai ketua yayasan. Yayasan Panglayungan cb. Bogor saat ini memiliki 50 anak asuh dan 30 orang lansia yang rutin menerima santunan setiap bulannya.

Madrasah Tsanawiyah Al Wahyu  yang berada dibawah naungan Yayasan Panglayungan didirikan/dibangun pada tahun 1989, dan mulai beroprasi pada tahun 1990. 
Pada tahun 1993 MTs. Al Wahyu terdaftar di Kanwil Departemen Agama Propinsi DKI Jakarta  melalui keputusan Ka. Kanwil Departemen Agama No. Wj/4701/KPTS/1993.

Pada tahun 1999  MTs. Al Wahyu teraktreditasi DIAKUI melalui keputusan Ka. Kanwil Departemen Agama  No. Wj/6/HK.005/023/1999 . Pada tahun 2005, MTs. Al Wahyu memperbaharui status akreditasinya. dan melalui keputusan Ka. Kanwil Departemen Agama No. KW. 09.4/4/KP.08.8/3610/2005. MTs al Wahyu memperoleh akreditasi dengan peringkat B. Lalu pada tahun 2009, Mts Al Wahyu memperbaharui lagi status akredreditasinya. dan melalui ketetapan Badan Akreditasi Sekolah Nasional, MTs. Al Wahyu memperoleh akreditasi dengan peringkat B.

C.    Perlengkapan dan Pasilitas yang digunakan dalam prakerin

Peralatan yang digunakan dalam melakukan kegiatan dikantor selama kegiatan praktik kerja lapangan
1.      Pena
2.      Pensil dan Penghapus
3.      Mistar
4.      Staples
5.      Kertas
6.      Kalkulator
7.      Komputer
8.      Map
9.      Binder Clips
10.  Buku Agenda, Dll
D.    Skema langkah-langkah kerja

a.      Menomorkan dan mengarsipkan surat masuk dan keluar.
2.      Mencari dan menuliskan nomor surat registrasi yang tertera pada buku Agenda.
3.      Memasukkan nomor agenda pada lembar desposisi.
4.      Mengetik berdasarkan konsep yang diberikan Sekretaris Yayasan.

b. Membuat Jadwal Kegiatan
1.      Mendata menanyakan kepada staff  tentang Jadwal kegiatan yang direncanakan
2.      Berkonsultasi dan mengonsep jadwal tersebut kepada Sekretaris.
3.      Mengetik Jadwal tersebut.

c.  Membuat laporan anak asuh
1.      Menerima data dari para Kepala sekolah mengenai murid sekolah yang dinaungi yayasan
2.      Mendata semua anak asuh dan juga jumlah lansia yang di rawat yayasan
3.      Menghitung jumlah data tersebut.

E.     Teori Pendukung
1.      Tersedianya alat yang lengkap
2.      Tersedianya Fasilitas yang nyaman dan memadai.
3.      Adanya Instruktur yang siap membantu jika ada yang belum dipahami.
4.      Adanya Jadwal / program kerja yang akan dilakukan dan lain-lain.





BAB III
TEMUAN

A.    Paktor Pendukung dan Penghambat
Faktor Pendukung :
1.      Tersedianya alat kerja yang canggih seperti Komputer dan Perangkatnya
2.      Keramahan karyawan/karyawati ditempat Prakerin
3.      Tempat Prakerin yang nyaman

     Faktor Penghambat :
1.      Siswa tidak bisa langsung menyesuaikan diri ditempat kerja.
2.      Kurikulum yang didapat di sekolan berbeda dengan tempat Prakerin
3.      Meteri yang disampaikan bersifat lisan sehingga perlu penalaran yang tinggi.

B.     Manfaat yang disarankan / hasil
Setelah menyelesaikan Kegiatan Prakerin penulis dapat merasakan manfaat yang positif diantaranya :
1.      Penulis dapat mendalami semua materi dan pelatihan yang diterima disekolah dengan cara mempraktekkan didunia kerja.
2.      Penulis dapat mengerti dan memahami seluk-beluk Administrasi Perkantoran
3.      Penulis mengetahui kinerja dan kapasitas dari setiap Pegawai di Kantor sebuah Yayasan.




















 
BAB IV
PENUTUP


A.    Kesimpulan

1.      Prakerin merupakan salah satu materi yang diberikan kepada siswa, khususnya program keahlian yang ada di sekolah Kejuruan yang diterapkan secara kerja nyata dan langsung dipraktekkan.
2.      Penulis banyak mendata ilmu Pengetahuan dan keterampilan yang sebelumnya tidak didapatkan di sekolah.
3.      Penulis banyak mendapatkan wawasan dan pengalaman kerja di dunia administrasi.

B.     Saran-saran

      Setelah melakukan Praktek Kerja Industri ( Prakerin), untuk menjunjung visi dan misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), maka harapan saya untuk kedepannya supaya pihak sekolah lebih mempersiapkan kurikulum yang akan dijalani dan dihadapi sewaktu siswa Prakerin, waktu pelaksanaan dilapangan supaya diperpanjang sehingga para siswa Prakerin lebih memahami apa maksud dan tujuan Prakerin tersebut.

Dengan adanya kesiapan tersebut dan lamanya waktu Prakerin maka pihak sekolah diharapkan mendapatkan pembekalan yang cukup dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.




















BIODATA PENULIS



Nama                                       : Junaidi Anjar Pradja
Tempat Tanggal Lahir                : Bogor 1 Januari 1999
Alamat                                      : Ciburial Rt.01/03, Desa.Ciambar,
  Kecamatan Parungkuda - Sukabumi

























































LAMPIRAN-LAMPIRAN






















 DAFTAR PUSTAKA

-          Arsip Kantor Yayasan Panglayungan
-          Drs.Herianto Wibowo,M.Si. dan Drs.Darmojo, Buku panduan pedoman penyusun laporan Praktik Kerja Lapangan,  SMK Eka Preasetya Cicurug Kabupaten Sukabumi.


2 komentar:

TOP


-->