Home » » Struktur text cerpen juru masak, sulaiman pergi ke tanjung cina, cerpen paing, cerpen banun

Struktur text cerpen juru masak, sulaiman pergi ke tanjung cina, cerpen paing, cerpen banun

Ini adalahs Struktur text cerpen juru masak, sulaiman pergi ke tanjung cina, cerpen paing, cerpen banun
Anda Bisa MENDOWLOADNYA di SINI


Struktur Cerpen Juru Masak
No.Struktur TeksFungsi Struktur Teks
1
Abstrak
Pada tahapan ini, pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang sangat terkenal di kampungnya. Tanpa campur tangan dalam meracik bumbu masakan, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak berhasil menyuguhkan para tamunya makanan lezat. Begitulah pentingnya kehadiran Makaji dalam dunia masak-memasak di kampong itu, sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya.
2
Orientasi
Pada tahapan orientasi, pengarang menceritakan latar berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana yang terjadi dalam sebuah peristiwa dalam cerpen. Latar digunakan penulis untuk menghidupkan sebuah cerita dan meyakinkan pembaca. Dengan kata lain, latar ini mengekspresikan watak, baik secara psikis maupun fisik.
Beberapa tahun lalu, pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan mulus, bahkan hampir saja batal.........
.....Di usia senja, ia masih tangguh menahan kantuk, tangannya tetap gesit meracik bumbu, masih kuat ia berjaga semalam suntuk.
3
Komplikasi
Tahapan ini berisi urutan kejadian, dan setiap kejadian-kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat. Peristiwa satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Pada cerpen juru masak, Damhuri Muhammad menceritakan Azrial pergi merantau karena ia dihina oleh keluarga Ronggogeni. Maka dari itu dia merantau untuk merintis kariernya dan menjadi orang sukses.
4
Evaluasi
Pada tahapan ini, konflik yang biasanya muncul pada setiap kejadian yang terdapat dalam komplikasi bisa diarahkan/diatur menuju ke tahapan selanjutnya. Sehingga komplikasi tersebut bisa terlihat tahap-tahap penyelesaiannya dari konflik yang muncul tersebut. Dalam cerpen “Juru Masak” ketika Azrial ingin melupakan Renggogeni, ia kemudian hengkang dari kampung dengan membawa luka hati.
5
Resolusi
Pada tahapan ini, resolusi menerangkan tentang sebuah solusi dari konflik yang terjadi.Damhuri Muhammad menggambarkan seorang yang bernama Azrial. Azrial adalah seorang anak juru masak yang bekerja sebagai tukang cuci piring di rumah makan Jakarta. Namun, karena kerja keras dan kegigihannya, sekarang Azrial menjadi orang Lareh Panjang yang sukses dengan mempunyai enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah.
6
Koda
Pada tahapan terakhir ini, koda berfungsi untuk menerangkan akhir dari cerita sebuah cerpen. Pada cerpen karangan Damhuru Muhammad ini, Azrial sekarang telah sukses, dan dia berkeinginan mengajak ayahnya (Makaji) untuk tinggal bersamanya di Jakarta dan menghabiskan masa tuanya disana dengan Azrial.

Struktur rangkaian kejadian dalam cerita pendek sering disebut dengan alur atau plot. Rangkaian kejadian ini disusun sebagai sebuah interrelasi fungsional yang sekaligus menandai urutan bagian dalam keseluruhan cerita. Alur merupakan perpaduan antara unsur-unsur yang membangun cerita sehingga merupakan kerangka utama cerita. Alur merupakan suatu jalur tempat lewatnya rentetan peristiwa yang merupakan rangkaian pola tindak-tanduk yang berusaha memecahkan konflik yang terdapat di dalamnya. Berdasarkan urutan waktu, plot dapat dibedakan dalam dua kategori yaitu kronologis dan tak kronologis.

Plot kronologis disebut sebagai plot lurus, maju atau dapat dinamakan progresif, sedang yang kedua adalah sorot balik, mundur, flasback, atau juga disebut sebagai regresi. Plot pada cerpen dikatakan progresif jika pristiwa-pristiwa yang dikisahkan bersifat kronologis, pristiwa yang pertama diikuti oleh pristiwa-pristiwa yang kemudian. Selanjutnya sebuah novel dikatakan regresi jika urutan kejadian tidak bersifat kronologis. Cerita tidak dimulai dari tahap awal, melainkan mungkin dari tahap tengah atau bahkan tahap akhri, baru kemudian tahap awal cerita dikisahkan.

 Menurut Nurgiyantoro (1988), terdapat dua teknik penyampaian cerita, yaitu alur progresif atau alur lurus, yang mengisahkan rangkaian peristiwa secara kronologis, dan alur regresif (flashback) atau sorot balik, yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan. Damhuri Muhammad menyajikan rangkaian peristiwa dalam cerpen “Juru Masak” tersebut dengan alur progresif

Struktur Cerpen Sulaiman Pergi Ke Tanjung Cina
No.Struktur TeksFungsi Struktur Teks
1
Abstrak
Pada tahapan ini, pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Hanna Fransisca menggambarkan sesosok wanita bernama Zhu Ni Xia putri dari Pemburu walet Zhu Miau Jung  yang sedang membentangkan benang emas di sudut kain pelepai. Sinar perak jarum di tangannya menyulam satu kehidupan tajam yang menusuk. Ia sedang merenungi Sulaiman, lelaki yang telah menebas separuh umurnya, telah terkubur dan pergi.
2
Orientasi
Pada tahapan ini pengarang menjelaskan bagaimana latar cerita serta suasa yang terdapata pada cerita ini. Dalam cerita ini sosok Zhu dijelaskan bahwa ia tinggal di sebuah desa bernuansakan pantai yang dikelilingi dengan bukit-bukit yang permai dimana flora dan fauna tumbuh bebas mengekspresikan keelokannya. Pengarang menjelaskan bahwa Zhu adalah seorang perempuan anggun yang memiliki sifat tekun dan suka menolong, mewarisi sifat ayahnya. Disini diceritakan bahwa Zhu memiliki kegemaran menyulam dalam mengekspresikan perasaan hatinya, terutama disaat-saat sedang menyendiri dalam keheningan.
3
Komplikasi
Pada tahapan ini dijelaskan bagaimana konflik-konflik saling berhubungan dengan dikaitkan berdasar sebab akibat. Pada tahapan ini, konflik atau masalahnya adalah konflik antara petani dengan negara. Negara ingin menguasai hutan kopi dengan memfitnah petani pribumi dengan  membunuh gajah. Padahal rakyat pribumi menyayangi gajah. Dengan memfitnah petani, negara dengan mudah mengusir para petani dan menguasai hutan kopi. 
4
Evaluasi
Pada tahapan ini, konflik yang biasanya muncul pada setiap kejadian yang terdapat dalam komplikasi bisa diarahlkan/diatur menuju ke tahapan selanjutnya. Sehingga komplikasi tersebut bisa terlihat tahap-tahap penyelesaiannya dari konflik yang muncul tersebut. Pada tahapan ini,  tokoh Sulaiman menyadari bahwa dia sebagai rakyat biasa tidak  kan bisa melawan negara sehingga dia menyelamatkan diri dengan pergi ke Pulau Jawa bersama ibunya, Nyiwar dengan menjual delapan belas kain tapis yang disulam Nyiwar.
5
Resolusi
Di tahapan ini pengarang menjelaskan tentang solusi dari permasalahan tersebut. Pada tahapan ini, masalah yang dihadapi Zhu karena merasa kain tapis buatan Nyiwar membuat batinnya tercabik dan perih. Akhirnya, ia menyuruh orang-orang untuk mencari Sulaiman dan nyiwar dan meminta mereka tinggal dirumahnya.
6
Koda
Pengarang menggambarkan koda yang mengharukan pada tahapan ini. Pada tahapan ini, merupakan akhir cerita dari cerpen, yaitu Zhu jatuh cinta pada Sulaiman dan menikah dengannya. Setelah Sulaiman menjadi suami Zhu. Zhu dituduh pengkhianatan (karena menikah dengan Sulaiman) dan penadah (karena menerima kopi dari hutan negara). Akhirnya gudang milik Zhu dibakar dan sulaiman di tangkap.
Struktur Cerpen Paing
No.Struktur TeksKalimat
1
Abstrak
Seorang lelaki yang bernama Paing yang menjadi buruh harian di Jakarta, dia adalah seorang yang rajin, jujur dan ulet. Belum dua tahun ia bekerja ia sudah mampu memboyong istri dan anaknya.
2
Orientasi
Setelah tahun demi tahun ia lalui di rumah majikannya paing memutuskan untuk mandiri, terlebih lagi saat istrinya mengaku sedang hamil, paing akhirnya memutuskan untuk mencari pekerjaan baru dan menyewa rumah.
3
Komplikasi
Saat istrinya melahirkan, Paing mempercayakan dagangannya kepada temannya. Namun ketika ia akan kembali berjualan lagi dia sangat terkejut karena tempat iya berjualan telah dikuasai oleh temannya sendiri yang sangat ia percaya.
4
Evaluasi
Dengan menggendong bayinya yang masih merah sang istri pun membantu Paing mencari pekerjaan, tiba-tiba sang istri tertuju pada sebuah rumah di pojok jalan milik seorang pelatih senam yang memiliki banyak teman dan relasi.
5
Resolusi
Berkat usaha sang istri akhirnya Paing mendapat pekerjaan, ia bekerja menjadi seorang tukang kebun di rumah seorang peragawati.
6
Koda
Setelah menerima gaji pertamanya sebagai tukang kebun Paing berkata kepada istrinya bahwa ia ingin kembali ke pasar lagi, untuk berjualan.
Struktur Cerpen Banun
No.Struktur TeksFungsi Struktur Teks
1
Abstrak
Hari mulai malam hanya sedikit lampu yang menerangi jalan menuju rumah sita rumah yang begitu kecil dan hanya ada lampu 5 what dan suara jangkrik yang menemani hari-hari sita dan keluarganya diwaktu malam hari tiba maalam yangpenuh dengan kesunyian di rumah sita .
2
Orientasi
Pada pagi itu ada seorang gadis yang bernama sita dia anak orang miskin orang tuanya hanya bekerja sebagai buruh cuci dan tukang becak.sita adalah seorang pelajar yang bersekolah di SMA N 30 SEMARANG sita anak yang rajin dan pandai tetapi dia tidak mempunyai teman hanya karena dia anak orang miskin tidak mempunyai apaa-apa.disaat sita sedang berjalan ada temannya yang bernama siska,siska adalah anak yang paling tidak suka dengan sita karena siska iri dengan kepandaian yang dimiliki sita. saat sita sedang berjalan siska selalu mengejek sita ''EH... orang miskin,jelek,bau lagi hahahaha'' dengan mata yang berkaca-kaca sita menahan air matanya.
3
Komplikasi
Setiap pulang sekolah sita selalu membantu kedua orang tuanya berjualan kue keliling.meskipun sita merasa lelah dan ingin beristirahat tetapi sita harus mencari uang untuk kehidupan sehari-harinya dan juga umtuk membayar uang sekolah sita,karena sita tidak mau berhenti sekolah begitu saja,sita ingin cita-citanya menjadi dokter tercapai untuk membahagiakan kedua orangtuanya.jalan demi jalan sita lewati untuk berjualan kue keliling sampai dia harus berteriak ''kue,kue,kue buk silahkan kuenya dibeli murah dan enak buk kuenya silahkan dibeli''
''nak,ibuk mau beli kuenya ya 10 macam saja'
''oh....ya buk sebentar ya '' demgam rasa bahagia sita melayani ibuk tadi
''ini buk kuenya,harganya 5000''ibuk itu langsung memberikan uang 5000 kepada sita,sungguh bahagia sita menerima uang dari pembeli itu meskipun hanya 5000 saja tetapi uang segitu sangat berharga bagi sita.jalan demi jalan tempat demi tempat sita lewati untuk berjualan kue.dan pada akhirnya sita berhenti di depan rumah yang sangat besar dan bagus.didepan rumah itu sita melepas lelahnya untuk beristirahat sebentar.tidak lama sita beristirahat pemilim rumah itu keluar dan sita terkejut ternyata rumah itu milik siska yang selalu mengejeknya.siska pun terkejut melihat sita duduk di depan rumahnya
''EH...kamu ngapain ada didepan rumahku ''
''aku cuma numpang istirahat sebentar kok sis''
''ISTIRAHAT! enak aja kamu istirahat di depan rumahku!!!! sambil melempar dagangannya sita dan mengusirnya.
4
Evaluasi
Keluarga siska memang kaya tetapi tidak seharusnya siska merendahkan sita ysng hanya anak orang miskin,tetapi semangat sita untuk meraih cita-citanya menjadi dokter sangat besar dengan cara sita rajin belajar.tidak seperti siska yang hanya bergantung pada orang tuanya saja.
5
Resolusi
Sita memang anak orang miskin tetapi dia tetap berusaha untuk menggapai cita-citanya menjadi dokter.ujian sudah dekat sita menghabiskan waktunya untuk belajar dan belajar.besok senin adalah ujian pertama sita,sita bisa mengerjakan soal-soal ujian itu dengan mudah ujian kedua sampai ujian terakhir berhasil sita laksanakan.tinggal sita menunggu hasil ujiannya saja.besok adalah hari yang ditunggu sita dan temannya hari dimana pengumuman kelulusan diumumkan.setelah lama menunggu akhirnya kepala sekolah mengumumkan siapa siswa yang mendapatkan peringkat 1 dan beasiswa bersekolah di UGM.dan ternyata yang mendapatkan adalah sita,sungguh bahagianya sita saat dia bisa meneruskan ke universitas yang dia inginkan,sita langsung memeluk kedua orangtuanya dengan sanhgat bahagia.
6
Koda
1minggu sesudah pengumuman kelulusan sita melanjutkan sekolahnya di universitas gajah mada yogyakarta dengan mengambil jurusan kedokteran semangat sita belajar kini membuahkan hasil yang besar,kini sekarang sita sudah sukses karena kerja keras dia selama ini .sungguh bahagia sekali keluarga sita.

0 komentar:

Posting Komentar

TOP


-->