TEKNIK PERBAIKAN REM
DAN MENGGANTI KOPLING MOBIL
PADA
BENGKEL HARUM MOTOR
PAMURUYAN KOTA SUKABUMI
Diajukan untuk memenuhi salahsatu syarat mengikuti ujian akhir
Dan sebagi laporan praktik kerja lapangan (PKL)
Tahun Pelajaran 2016/2017
Disusun Oleh :
Nama : Rizal Kurniawan
Nomor induk siswa (nis) : 1151615157
Program keahlian : Teknik rekayasa
YAYASAN PENDIDIKAN EKA PRASETYA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK “EKA PRASETYA”
Bidang keahlian: (Managemen dan Teknologi Rekayasa )
TERAKREDITASI “A”
Jalan Raya Siliwangi Km.30. (0266) 731132, Cicurug, Sukabumi, 43359 Email :smkekaprasetya@yahoo.co.id
LEMBAR PENGESAHAN
Telah diperiksa dan disahkan pada :
Tanggal :…………………….…..
Di :…………………………
Pembimbing I Pembimbing II
TEDI DJUMJADI
Mengetahui
Pemilik Bengkel Kepala
“HARUM MOTOR” SMK Eka Prasetya
“HARUM MOTOR” SMK Eka Prasetya
BPK.WEWEH Drs.Herinto Wibowo m.si
NIP.Y.T.:119066001
MOTTO
SEKOLAH MEMBERIKAN ILMU YANG BERGUNA
DAN KEHIDUPAN MEMBERIKAN PELAJARAN YANG TAK TERHINGGA
DAN KEHIDUPAN MEMBERIKAN PELAJARAN YANG TAK TERHINGGA
KATA PENGANTAR
Assalamual’aikum Wr. Wb
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang maha esa, Allah Subhanahu wata’ala yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya, sehingga dapat menyelesaikan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, |Serta menyusun laporan tepat pada waktunya. Namun demikian tidaklah tercipta sebuah kesempurnaan apabila tidak didukung oleh kemampuan dan input dari semua pihak terutama sekolah, Guru maupun rekan sejawat.
Maka tidaklah berlebihan apabila penyusun menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Kedua orangtua yang telah membiayai penyusun hingga mampu melaksanakan tugas belajar selama jenjang pendidikan 3 tahun
2. Bpk.Drs.Herinto Wibowo,M.Si, Selaku Kepala Sekolah SMK Eka Prasetya Cicurug, yang telah memberikan fungsi kewenangan tugas dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan
3. Bpk.Weweh, Selaku pimpinan bengkel HARUM MOTOR Pamuruyan, yang telah memberikan arahan, bimbingan maupun pendampingan dalam tugas-tugas praktik.
4. Bpk.Tedi Selaku pembimbing I di bengkel HARUM MOTOR Pamuruyan yang telah memberikan bimbingan dan arahan-arahan tugas selama praktik kerja lapangan
5. Bpk.Djumjadi Selaku pembimbing II yang telah memberikan masukan terutama teknik dalam menyusun laporan.
6. Bpk Dan Ibu Guru, Tata Usaha, Staff dan Karyawan SMK Eka Prasetya Cicurug, Besar harapan penyusun segala amal baik Bapak atau Ibu Guru serta rekan-rekan yang telah membaktikan segala ilmunya, agar mendapatkan balasan setimpal dari tuhan yang maha kuasa, yang dengan sabar mendidik dan mengajar penyusun hingga mampu memiliki sumber ilmu pengetahuan baik teori maupun praktik
7. Rekan-rekan seperjuangan yang mampu bekerjasam dengan baik dalam belajar praktik
Semoga laporan ini bermanfaat, khususnya bagi penyusun umumnya bagi seluruh pembaca, serta adik siswa/siswi SMK Eka Prasetya Cicurug.
Cicurug, 12 Juli 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………………..… ….. i
MOTTO ……………………………….……………………………………………… ii
KATA PENGANTAR …….……………....………………..…………………………. iii
DAFTAR ISI ………..……………………………………………………………..…. iv
PERSEMBAHAN …………………………………………………………………….. v
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang dan Pengertian Praktik Kerja Lapangan ……….……………… 1
B. Dasar hukum Praktik Kerja Lapangan ……………………………………….… 2
C. Maksud dan tujuan Praktik Kerja lapangan ……………………………………. 3
D. Waktu dan tempat Praktik Kerja Lapangan ………………….………………… 4
E. Metode pengumpulan data ….…………………………………………………. 5
BAB II : PEMBAHASAN
A. Sejarah singkat dan Profil Bengkel HARUM MOTOR ……….……….…..….. 6
B. Teknik penggantian rem mobil………………....….………………..………….. 7
BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan ……………………………………………………………….…… 8
B. Saran-Saran ………..………………………………………………………..…. 8
Biodata Pengarang
Lampiran-Lampiran
Daftar Pustaka
PERSEMBAHAN
1. Laporan Prakerin ini Dipersembahkan Kepada :
2. Kepala sekolah Eka Prasetya dan Bapak/Ibu Guru yang telah membimbing saya
3. Pembimbing, Guru-guru dan Staff Karyawan Bengkel HARUM MOTOR
4. Orang tua dan keluarga yang telah mendo’akan, membiayai, mendukung dan member semangat sampai selesai pelaksanaan praktek kerja lapangan.
5. Pembimbing dan semua karyawan bengkel HARUM MOTOR,
6. Teman-teman seperjuangan
7. Adik-adik kelas semuanya yang akan melaksanakan kegiatan Prakerin untuk program periode selanjutnya
8. Pembaca laporan
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG DAN PENGERTIAN PRAKTIK KERJA
LAPANGAN (PKL)
Praktik ganda, ialah bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian professional, Praktik kerja lapangan (PKL) Merupakan
perwujudan dari program pendidikan system.
Memadukan secara sistematis dan sinkron program
pendidikan disekolah dan program kompetensi keahlian yang didapat melalui
kegiatan bekerja langsung di dunia kerja.
Dengan demikian kegiatan dual system ini
menekankan kepada keterkaitan dan kesepadanan (LINK AND MARCH), yang
kurikulumnya disesuaikan bersama antara pihak sekolah dan pihak dunia usaha dan
dunia industri.
Dengan demikian kompetensi peserta didik melalui
program pembelajaran dan pelatihan yang telah disusun berdasarkan kurikulum
tingkat satuan pendidikan dan kurikulum 2013 diharapkan dapat mengurangi
kesenjangan antara kualifikasi yang dibutuhkan oleh dunia kerja atau dunia
usaha dengan lulusan yang dihasilkan oleh penyelenggara pendidikan terutama
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Adapun pengertian Praktik Kerja Lapangan (PKL)
adalah kegiatan praktik melalui suatu proses dan prosedur serta rambu-rambu
guna mendapatkan pengalaman pada dunia kerja selama jangka waktu yang telah
ditentukan Sekolah Menegah Kejuruan Eka Prasetya Cicurug Sukabumi ini melalui
beberapa kegiatan, Diantaranya adalah sebagai berikut :
1.
Praktik kerja di dunia usaha/Industri baik instansi
pemerintah maupun swasta
2.
Praktik kerja di dunia usaha/Perusahaan
3.
Magang di dunia usaha/Perusahaan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian yang
memadukan secara sistematika dan sinkron antara program pendidik di sekolah
dengan program penguasaan skill (Keahlian) yang diperoleh melalui kegiatan
Praktik kerja di dunia kerja / Industri dalam jangka waktu tertentu melalui
tahapan pengamanan dan kegiatan nyata.
B. DASAR HUKUM PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
1.
Undang Republic Indonesia No.60 Tahun 2003 tentang
pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan
2.
Kepmendiknas Republik Indonesia tentang Pedoman
penyusunan standar pendidik dasar dan menengah 2002.
3.
Peraturan Pemerintah No.39 Tahun 1992 tentang peran dan
masyarakat pendidikan masyarakat, pasal 4 ayat 8, menyebutkan bahwa bentuk dan
sikap peran serta masyarakat antara lain member kesempatan untuk magang
/Latihan kerja.
4.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia No.60 tahun 2004,
tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan SMK) dan Madrasah Aliyah
Kejuruan (MAK)
5.
Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.0490 atau
1992,
6.
Pasal 21 ayat 5 yaitu, bahwa kegiatan dan pelajaran
yang mendukung penguasaan produk dan sikap kerja Profesional diberikan
pelatihan melalui /Mengisi peluang kerja.
7.
PAsal 30 yaitu, kegiatan unit produksi di SMK antara
lain meliputi kegiatan Praktik Kerja Magang di dunia kerja.
8.
Pasal 33 yaitu kerjasam SMK dengan dunia isaha antara
lain meliputi PSG dan Magang.
C. MAKSUD DAN TUJUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
(PKL)
Maksud dari penyelenggaraan
Praktik Kerja lapangan (PKL), ini untuk mendidik Siswa-siswi agar dapat
menerapkan teori yang telah didapat dilingkungan sekolah untuk kehidupan yang
sebenarnya yaitu dunia usaha.
Adapun tujuan Praktik Kerja
Lapangan (PKL)
1.
Menambah wawasan
2.
Melatih Siswa-siswi sesuai dengan keahlian (kompetensi)
pada dunia kerja
3.
Melatih Siswa-siswi untuk menyelesaikan masalah di
dunia kerja.
4.
Melatih Siswa-siswi dengan kedisiplinan baik dirumah/di
dunia kerja.
5.
Melatih Siswa-siswi dalam membuat karya tulis dalam
laporan praktik kerja
D. WAKTU DAN TEMPAT PRAKTIK KERJA LAPANGAN
(PKL)
1.
Waktu pelaksanaan PKL
Kami melaksanakan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 3 bulan, yang dimulai dari tanggal
12 januari 2017 sampai 4 maret 2017, beroprasi mulai hari senin sampai jum’at
dan hari sabtu,minggu praktikan diberi kesempatan untuk libur, adapaun Praktik
Kerja lapangan (PKL), dari jam 08.00-14.00 WIB
2.
Tempat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Yaitu dibengkel HARUM MOTOR Pamuruyan Sukabumi
E. METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam menyusun laporan ini,
penulis mengumpulkan data dengan berbagai metode agar hasilnya memuaskan dan
dapat dipertanggung jawabkan.
Adapun metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan
data laporan sebagai berikut:
1.
Wawancara
Metode dengan cara melakukan wawancara/bertanya
secara langsung dengan pihak-pihak terkait dengan mengajukan sejumlah
pertanyaan yang berkaitan dengan judul laporan , sejarahperusahaan/instansi
lembaga dan lain-lain yang diperlukan.
2.
Studi pustaka
Metode dengan cara membaca /mencari sumber dari
buku yang berkaitan dengan masalah yang di iraikan.
3.
Observasi
Metode dengan cara membaca/mengamati langsung
objek yang akan di kaji
BAB II
PEMBAHASAN
SEJARAH
DAN PROFIL BENGKEL HARUM MOTOR
Harum motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak
di bidang jasa perbengkelan, jasa yang dikerjakan oleh bengkel harum motor
meliputi
·
Ganti oli
·
Penggantian Rem
·
Penggantian plat kopling
·
Penggantian ban
·
Servis mesin ringan . Dan lainnya
Bengkel harum motor didirakan pada tahun……….. dengan
konsep bengkel kendaraan sederhana dengan mengandalkan peralatan yang masih
serba manual, namun kini harum motor sudah mengalami kemajuan yang signifikan
hamper semua pengerjaan servis dikerjakan menggunkan alat-alat yang sudah
modern, hal ini dilakukan guna menyesuaikan terhadap bidang pekerjaan dimana kendaraan
keluaran saat ini sudah jauh lebih maju baik dari segi disain, mesin juga
systemnya, maka sebagai jasa pelayanan servis sudah menjadi suatu keharusan
untuk mengupgrade semua peralatan bengkel.
Dan saat ini bengkel harum motor telah memiliki
tenaga kerja yang berjumlah 3 orang dan masing-masing memiliki tugas dan
tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan keahlian mereka dibidangnya.
TEKNIK
PENGGANTIAN REM MOBIL
Alat-alat
1. Dongkrak
2. Kunci
roda
3. Kunci
pas ring atau sock
4. Track
atau SST
5. Rubber
grease atau Pasta caliper
Langkah-langkah kerja
1. Siapkan
kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang akan
dibongkar brake pad atau kampas rem nya
2. Dongkrak
mobil bagian depan, di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya
3. Lepas
semua mur roda dengan kunci roda, mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda
4. Buka
roda, lepaskan dari hub roda, sehingga akan tampak disc barakenya
5. Gunakan
kunci 12 atau 14 untuk membuka pen caliper tanpa membuka pegangan slang rem
6. Tarik
caliper keatas setelah baut pen caliper terbuka,
7. Buka
dengan menarik kampas rem keluar kearah samping
8. Cek
kondisi pelumasan pen caliper, pen caliper harus dengan mudah bias ditarik atau
di dorong. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau dorong kemungkinan
pelumasnya kering dan bias menjadi penyebab rem berbunyi
9. Buka
pen caliper lalu bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis
menggunakan pasta caliper atau rubber grease
10. Setelah
kampas rem dibuka, agar tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama
ke kampas rem baru
11. Dorong
piston caliper ke belakang, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan
ketebalan kampas rem baru, saat mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak
rem yang ada di reservoir minyak rem, karena minyak rem akan naik ketika piston
rem didorong ke belakang, ini bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya tidak
merusak cat yang ada di bawah reservoir minyak rem.
12. Pasang
brake pad yang baru cara pemasangannya jika brake pad menggunkan indicator jadi
satu dengan kampas rem maka taruh kampas rem sesuai indicator ketebalan ini
dibagian dalam, dan jika kampas rem tidak berupa plat yang menjadi satu
dibelakang kampas rem maka kampas bias ditaruh sembarang entah bagian dalam
atau luar, biasanya ada indicator berupa kancingan plat yang bias dipasang
bolak-balik
13. Turunkan
caliper atau pasang caliper lalu pasang baut pen caliper
14. Kemudian
pasang roda lalu hidupkan mesin kemudian tekan pedal rem beberapa kali sampai pedal
rem terasa keras, yang artinya rem sudah bekerja dengan baik
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Praktik kerja Lapangan (PKL) ini
adalah merupakan program rutin sekolah yang wajib di pertanggung jawabkan atas
kewenangan yang diberikan oleh sekolah (Autority and Responsibility) dan
merupakan salahsatu syarat dalam mengikuti ujian akhir nasional pada tahun
pelajaran 2017/2018 yang akan dating.
B. SARAN-SARAN
1.
Saran untuk pemilik usaha bengkel Harum
Motor Pamuruyan Sukabumi
·
Diharapkan Agar dapat memberikan
bimbingan yang benar-benar jelas sehingga dapat di praktikan dengan cepat dan
dapat dengan cepat beradaptasi serta mensosialisasikan materi yang dapat di
bangku sekolah dengan realitas di dunia kerja.
·
Apabila dikemudian hari masih menerima
peserta praktik kerja lapangan dimohon tidak kerja bergilir / gentian sehingga
peserta praktik tidak banyak diam/nganggur karena terkesan malas/absen.
2.
Saran untuk Sekolah
·
Untuk menghasilkan lulusan yang
mempunyai dan sikap bersaing dibursa tenaga kerja, sekolah menempatkan peserta
praktik kerja lapangan (PKL) pada tempat yang strategis, siswa yang memiliki
kemampuan mengoprasikan perangkat komunikasi dan informasi serta penguasaan
bahasa asing (inggris) yang baik selain itu disertai pula metode bimbingan
serius oleh pembimbing-pembimbing yang memiliki etos kerja tinggi sehingga
dilapangan peserta didik Eka Prasetya ini mampu bersaing dan di perhitungkan
oleh lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga/dunia usaha dan lainnya.
·
Dan lebih penting menempatkan pembimbing
yang benar-benar bertanggung jawab terhadap almamater.
BIODATA
PENGARANG
Nama :
Rizal Kurniawan
NIS :
1151615157
Tempat /Tgl lahir :
Alamat : Ds.Pamuruyan Rt.01/Rw.10
Kec.Cibadak - Sukabumi
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
Drs.Herianto Wibowo,M.Si. dan Drs.Darmojo, Buku panduan pedoman penyusun laporan
Praktik Kerja Lapangan, SMK Eka
Preasetya Cicurug Kabupaten Sukabumi.
0 komentar:
Posting Komentar